5 Syarat Penting Air Minum Berkualitas Menurut Kementerian Kesehatan

  • Whatsapp
Air Minum Berkualitas Menurut Kementerian Kesehatan

Perkembangan industri air mineral serta daya pacu dan perkembangan yang kian cepat membuat aktivitas manusia semakin padat. Cairan tubuh akan hilang perlahan dengan aktivitas yang padat.

Air minum berkualitas menjadi sumber utama untuk membantu menghilangkan dehidrasi di tubuh. Manfaat yang terkandung juga mampu menambah daya tahan tubuh di beberapa organ manusia.

Namun di tengah padatnya aktivitas, bagaimana menentukan air minum yang berkualitas bagi tubuh? Kementerian Kesehatan memberikan 5 syarat air minum berkualitas agar tubuh tetap menyerap manfaat yang baik [1].

Air minum yang berkualitas juga mampu memberikan efek jangka panjang seperti kesehatan organ dan tulang. Sebaliknya, air minum yang tidak berkualitas akan memberikan penyakit karena mengandung zat yang tidak dibutuhkan.

Melalui Kepmenkes Nomor 907 Tahun 2002: Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum [1].

  1. Tidak Berasa

Air minum yang berkualitas tidak memiliki rasa karena tidak mengandung senyawa atau kandungan yang berbahaya bagi tubuh. Rasa sendiri mengindikasikan kandungan lain selain mineral bermanfaat.

Kerap ada rasa getir, pahit, atau manis yang menyertai air minum. Faktanya, Kemenkes RI menyarankan menikmati air mineral yang tidak memiliki rasa [1].

Rasa yang terdapat pada minuman mengisyaratkan bahwa air tersebut perlu penelitian lebih lanjut. Meski demikian, rasa natural dari air kerap terbawa tergantung dari mana sumbernya diambil.

  1. Tidak Berbau

Bau merupakan indikator atau syarat penting berikutnya untuk menentukan air minum yang berkualitas. Kementerian Kesehatan RI mengatakan bahwa air yang sudah melalui proses pengolahan seharusnya tidak memiliki bau.

Adanya bau mengindikasikan hadirnya mikroorganisme atau kandungan bakteri di air minum tersebut. Kehadiran bau sendiri perlu jadi perhatian karena kemungkinan besar sudah terkontaminasi zat yang buruk bagi tubuh [2].

Ada baiknya memilih air minum berkualitas yang sudah terjamin mutunya sehingga tidak perlu khawatir tentang bau.

  1. Tidak Berwarna

Air minum sendiri memiliki istilah air putih di kalangan masyarakat Indonesia. Putih sendiri berdasar pada warnanya yang jernih. Jadi bila ada warna maka bisa dipastikan ada sesuatu yang tidak benar.

Warna sendiri memiliki indikasi kontaminasi oleh zat atau kandungan lainnya seperti lumpur, bakteri atau mikroba dan lain sebagainya.

Jadi tentukan air mineral yang baik bagi tubuh agar mampu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan mineral berkualitas [3].

  1. Tidak Mengandung Mikroorganisme yang Berbahaya

Kontaminasi di air minum akan mengakibatkan hal yang buruk bagi para konsumen. Mikroorganisme dapat menyebabkan berbagai penyakit yang disebut sebagai patogen.

Beberapa patogen sendiri memiliki efek dan penyakit yang mengerikan. Dari Hepatitis A, bakteri Salmonella, bakteri Shigella, hingga Escherichia Coli atau E.Coli mampu merusak fungsi saluran pencernaan [4].

Efek buruknya pun dapat bertahan hingga waktu yang lama karena merusak beberapa fungsi organ tubuh. Tentu penelitian di air minum berfungsi untuk menghindari mikroorganisme yang berbahaya untuk dikonsumsi.

  1. Tidak Mengandung Logam Berat

Air minum berkualitas tentu harus bebas dari berbagai kandungan berbahaya selain mikroorganisme, seperti logam berat (Fe). Kandungan atau unsur logam pada konsentrasi yang tinggi dapat bersifat toksik.

Sedangkan konsentrasi logam memiliki berbagai tipe dan unsur, seperti Timbal (Pb) yang berwarna coklat kehitaman. Senyawa satu ini dapat menyebabkan hipertensi, ketidaknormalan reproduksi dan menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan saraf [5].

Tentu kebutuhan air minum berkualitas tidak dapat ditawar-tawar lagi. Pilihan air pegunungan serta proses pemurnian menjadi cara paling ampuh untuk menentukan air minum berkualitas.

AQUA secara konsisten menjaga kualitas air minum turun temurun hingga lebih dari 45 tahun dipercaya sebagai merek penyedia air minum terbaik di Indonesia. Lebih dari 17 sumber mata air pegunungan tersebar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke [6].

Tidak lupa proses penyulingan dan kandungan mineral yang dicek terlebih dahulu oleh para ahli geohidrologi dan geologi.

Kebutuhan air minum berkualitas yang baik akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Karena AQUA percaya, Kesehatan Berawal Dari Sini.

Referensi:

  1. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-saja-syarat-syarat-air-minum
  2. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/air-mineral-kemasan-bau
  3. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635841/ciri-ciri-air-minum-yang-tercemar-dan-bahayanya-untuk-tubuh
  4. https://www.alodokter.com/kuman-kuman-di-balik-pencemaran-air
  5. https://www.researchgate.net/publication/331170940_ANALISA_LOGAM_BERAT_PADA_AIR_MINUM_DALAM_KEMASAN_AMDK_YANG_DIPRODUKSI_DI_KOTA_BATAM
  6. https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik/
Hosting Unlimited Indonesia

Related posts