Apa Penyebab dari Perut Bunyi Info dari SehatQ

  • Whatsapp
Perut Bunyi

Pernah gak sih kamu mengalami kondisi dimana perut kamu berbunyi secara tiba-tiba tapi tidak ada rasa lapar. Kejadian perut bunyi adalah sesuatu yang lumrah terjadi. Apabila perut bunyi yang kamu alami dipicu oleh lapar, untuk mengonsumsi makanan bergizi yang dapat mengenyangkan juga bisa menjadi solusi untuk mengatasinya.

Penyebab dari Perut Bunyi

Akan tetapi perut bunyi juga dapat disebabkan oleh masuknya udara ke dalam usus dan juga ada beberapa kondisi medis yang dapat memengaruhi sistem pencernaan. Dalam kondisi-kondisi ini juga perlu diperiksakan dan juga diatasi sesuai penyebabnya.

Penyebab Perut Bunyi yang Umum Terjadi

Masalah perut bunyi juga dapat dipicu oleh beragam hal dan faktor. Dan berikut dibawah ini adalah beberapa di antaranya yakni.

1. Yang Pertama Timbul Rasa Lapar

Hal ini juga sama seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, jika kamu mengalami perut bunyi umumnya akan dipicu oleh rasa lapar. Karena saat kamu lapar, ada zat yang ada di otak yang mengaktifkan keinginan untuk makan. Untuk zat juga hampir mirip seperti hormon tersebut kemudian mengirim sinyal ke usus dan lambung. Kemudian efeknya, pada otot dalam sistem pencernaan kita akan berkontraksi dan menyebabkan perut bunyi.

2. Terdapat pergerakan makanan di saluran cerna

Selanjutnya penyebab perut bunyi lebih sering disebabkan oleh pergerakan makanan, bisa juga cairan, dan juga udara yang bergerak di usus kita. Akan tetapi sebagian besar dinding saluran pencernaan kita juga telah terdiri dari lapisan otot. Yang ketika ada makananan di dalamnya, maka otot di dinding usus juga akan berkontraksi guna mengalirkan makanan sampai ke bagian akhir dari usus.

Sehingga, gerakan inilah yang akan umumnya menjadi penyebab perut bunyi. Pada dasarnya, perut bunyi juga bisa akibat gerakan usus ini yang terjadi beberapa jam setelah kita makan ataupun pada malam hari ketika hendak tidur.

3. Punya kadar gula darah rendah

Selanjutnya perut bunyi ini juga dapat menjadi pertanda bahwa kadar gula darah yang rendah. Pada saat ini terjadi, pada usus kamu juga jadi tidak bisa mendapatkan cukup nutrisi dari darah. Sehingga akhirnya, usus akan mengirimkan sinyal sebagai pengingat agar kamu segera makan.

4. Bagian usus kebanyakan udara

Dan berikutnya perut bunyi juga bisa disebabkan oleh adanya gas yang berlebih yang bergerak yang maju-mundur di usus. Karena udara juga bisa masuk ke saluran pencernaan pada saat kita makan terlalu cepat, dengan makan dan bicara pada saat bersamaan, ataupun ketika kita minum saat berolahraga. Maka kelebihan udara di saluran pencernaan juga akan bisa terjadi ketika kita akan mengonsumsi makanan yang tidak mudah dicerna dan diserap oleh usus.

5. Terdapat kondisi medis tertentu

Selanjutnya yang terakhir penyebab dari perut bunyi yakni kebanyakan memang disebabkan oleh beberapa proses pencernaan normal. Akan tetapi ada juga kondisi medis yang bisa membuat perut bunyi terlalu sering atau terlalu keras, misalnya seperti: adanya masalah alergi terhadap makanan atau minuman yang dikonsumsi, adanya masalah pencernaan seperti diare, efek dari mengkonsumsi obat pencahar, dan juga bisa dari kolitis ulserativa ataupun penyakit radang pada rektum dan usus besar ada juga radang usus akibat infeksi, Kemudian pendarahan di saluran pencernaan dan juga ada penyakit Crohn.

Nah, itu dia informasi kesehatan yang sudah saya sampaikan mengenai penyebab dari perut bunyi yang biasa terjadi.

Related posts