Candi Tebing Tegallinggah, Ya Indah ya Serem

  • Whatsapp
Candi Tebing Tegallinggah

Kota Bali memang merupakan pusat agama hindu dan budha sehingga untuk menemukan sebuah pura bukanlah hal yang sulit. Pura bukan sekedar digunakan untuk tempat ibadah namun beberapa diantaranya dengan bentang alam yang indah kini dijadikan sebagai tempat tujuan wisata, salah satunya candi tebing tegallinggah. Berwisata ke candi ini akan semakin menyenangkan bersama paket wisata bali yang akan membawa anda berlibur ke kota Bali dengan lebih sempurna.

Pesona Candi tebing Tegallinggah

Liburan ke candi tebing tegallinggah akan semakin menyenangkan dan seru bersama paket liburan seru. Selain itu masih banyak lagi paket lainnya yang tersedia. Jika ingin mengetahui informasinya lebih lanjut bisa baca di situs Joglo Wisata . paket wisata bali akan mengajak berkeliling menikmati indahnya candi tebing tegallinggah yang terkenal akan keunikannya. Hal pertama yang membuat candi ini istimewa adalah terdapat pahatan pada dinding tebing.

Meski pada awalnya pahatan ini dianggap sebagai gapura atau pintu gerbang, ternyata penelitian lebih lanjut menemukan hal lain, dimana pahatan ini ternyata merupakan tangga yang bisa digunakan untuk mencapai bagian atas candi. Selain itu Krijsman juga menemukan candi secara komplit di beberapa cekungan.  Desain candi tebing tegallinggah ini terbilang cukup unik, hal ini terlihat dari proses pembuatannya dengan pemahatan pada tebing secara langsung.

Namun sayangnya pesona candi ini belum sepenuhnya terlihat, karena bangunan candi ini masih terlihat setengah jadi. Bagian gapuranya juga kini terlihat sebagai onggokan batu reruntuhan. Namun anda tidak perlu khawatir dengan pesona yang ditunjukkan, karena bentang alam yang ada di sekitar candi sangat mempesona. Selain itu pesona lain juga bisa anda saksikan dari tujuh ceruk serta 3 lingga.

Di dalam candi ini terdapat lingga yang menjadi sosok kebanggan umat hindu yang diberi nama trimurti yang berarti sosok tiga dewa dalam agama hindu, yaitu dewa siwa, dewa wisnu, serta dewa brahma. Hal lain yang menjadi daya tarik candi yang terletak di kota bali ini adalah terdapat sebuah ceruk yang biasa digunakan oleh sebagian orang yang datang khusus untuk pertapaan, sebagai salah satu cara umat hindu untuk mendekatkan diri pada sang hyang Widhi.

Sejarah Candi Tebing Tegallinggah

Pada abad ke 12 diperkirakan candi tebing tegallinggah dibangun. Pembangunannya diperkirakan mengalami hambatan hal ini bisa dilihat dari pura yang terlihat setengah jadi. Candi ini terletak di kawasan Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali 80581. Ditemukannya kembali candi yang sudah ada sejak zaman prasejarah ini semakin memperkuat kedudukan Gianyar sebagai pusat situs purbakala di Bali.

Candi tebing tegallinggah menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah yang tidak boleh anda lewatkan. Situs purbakala ini memiliki pemandangan alam yang tidak biasa. terlihat undakan sawah milik penduduk yang menambah keindahan alamnya. Suasananya yang masih sangat alami membuat setiap yang berkunjung merasa tenang dan damai. Anda bisa menyaksikan keunikan situs bersejarah sambil berwisata alam khas pedesaan yang belum tercemar polusi, membuat liburan anda semakin sempurna.

demikianlah informasi mengenai kawasan purbakala yang kini menjadi salah satu tujuan wisata yang diberi nama candi tebing tegallinggah. Kawasan yang masih bernuansa pedesaan ini selalu ramai dikunjungi pelancong baik lokal maupun mancanegara.  Bagi anda yang belum sedang merencanakan liburan silahkan masukkan wilayah ini sebagai tujuan wisata.

Related posts