Harga Tiket Kereta Jakarta Jogja, Begini Cara Pesannya!

  • Whatsapp
Harga Tiket Kereta Jakarta Jogja, Begini Cara Pesannya!

Tiket kereta Jakarta Jogja seringkali jadi pemesanan tiket yang banyak dipilih oleh masyarakat. Pasalnya, Jogja menjadi salah satu destinasi favorit dan murah bagi kebanyakan orang. Tak heran, hal tersebut kadangkala memberikan dampak pada tiket yang mudah habis. Apalagi moda transportasi kereta dianggap sebagai pilihan paling praktis dan murah ketika akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Jogja.

Cara Memesan Tiket Kereta Api Jakarta Jogja

Bagi sebagian orang, masih sering merasa kebingungan ketika akan membeli tiket kereta. Padahal, pembelian tiket ini bisa dilakukan dengan mudah. Baik dilakukan secara online maupun offline dengan mengunjungi  loket KA langsung. Lantas, bagaimana cara pemesanan tiket kereta Jakarta Jogja ini?

  1. Via Offline

Jika Anda akan membeli tiket langsung ke loket tiket di stasiun, maka langkah pertama tentu mendatangi loket tiket tersebut. di Jakarta sendiri, Anda bisa memilih Stasiun Pasar Senen yang menyediakan layanan keberangkatan menuju Jogja. Datangi petugas loketnya dan sampaikan kemana tujuan perjalanan Anda.

Untuk tujuan stasiun di Yogyakarta, Anda bisa memilih Stasiun Jogja atau Stasiun Lempuyangan. Sampaikan juga kelas yang dipilih, baik itu ekonomi, bisnis atau bahkan eksektutif. Semuanya tergantung pilihan dan kebutuhan Anda. Nantinya, petugas akan memberikan rincian jadwal keberangkatan dan daftar harga. Pilih jadwal dan harga yang sesuai, lalu lakukan pembayaran. Nantinya Anda akan mendapat bukti pembayaran atau kode booking sebagai syarat cetak tiket saat keberangkatan.

  1. Via Online

Selain via offline di mana Anda harus datang langsung ke stasiun, pemesanan tiket kereta Jakarta Jogja bisa dilakukan secara online. Anda bisa membeli atau memesannya di marketplace penyedia tiket kereta atau langsung di aplikasi KAI Access maupun situs resminya. Tentu cara pertama yang harus dilakukan adalah mengakses situs resmi atau mengunduh aplikasinya langsung di App Store atau Google Play Store.

Jika sudah punya aplikasi, maka buat akun dengan mendaftarkan diri dan nomor telepon aktif. Pendaftaran akun bisa memudahkan proses pemesanan nantinya. Siapkan juga identitas pribadi seperti KTP untuk proses pemesanan tiket nantinya. Jika sudah, Anda bisa langsung menuju pada halaman pembelian tiket. Nantinya, Anda akan diminta untuk menuliskan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan.

Seperti offline, sebagai contoh Anda bisa menuliskan Stasiun Pasar Senen untuk keberangkatan dari Jakarta dan Stasiun Lempuyangan untuk tujuan di Jogja. Pilih juga jadwal keberangkatan atau tanggal berangkat beserta jumlah penumpang. Setelah Anda mengklik pesan kereta, akan muncul tampilan jenis kereta, waktu keberangkatan, dan jumlah tiket yang tersedia. Anda bisa memilih salah satu jadwal dan jenis kereta yang dipilih. Masukan nama penumpang, nomor identitas sesuai KTP, dan pilih gerbong atau tempat duduk.

Jika semuanya sudah diisi dengan benar, lakukan pemesanan dan Anda akan mendapat kode bayar. Selanjutnya, lakukan pembayaran bisa bank transfer atau dompet digital sesuai instruksi yang berlaku. Nantinya Anda akan mendapat kode booking. Saat menjelang keberangkatan, Anda bisa menggunakan kode tersebut untuk cetak tiket.

Harga Tiket Kereta dari Jakarta ke Jogja

Memasan tiket kereta Jakarta Jogja memang bisa dengan mudah dilakukan. Namun, bagaimana dengan harga tiketnya? Pada dasarnya, baik secara offline maupun online tidak akan ada perbedaan harga. Namun, terkadang ada beberapa diskon atau promo tertentu ketika Anda memesan via perangkat digital.

Untuk harga tiket kereta menuju Jogja pun beragam. Tergantung dari kelas yang dipilih dan juga kereta yang digunakan. Misalnya untuk kereta kelas ekonomi jenis Bengawan, harganya sangat murah yakni Rp 74 ribu saja. Ada juga ekonomi Progo dengan harga Rp 160 ribu per orang. Bagi Anda yang ingin memesan tiket kereta Jakarta Jogja, penting sekali pastinya untuk mengetahui cara pemesanan tiket dan harga agar perjalanan jadi semakin lancar dan mengasyikan.

Related posts