Makanan Lebaran Yang Cocok Dimakan Bersama Keluarga

Makanan Lebaran

Hari raya Idul Fitri merupakan sebuah hari yang dinantikan oleh semua kaum muslim. Karena selain menjadi hari di mana orang-orang saling memaafkan satu sama lain, saat hari raya Idul Fitri pun tersedia banyak makanan lebaran yang enak untuk disantap bersama keluarga.

Entah makanan tersebut termasuk ke dalam makanan berat maupun makanan ringan seperti kue-kuean. Berikut ini merupakan rekomendasi makanan waktu lebaran yang cocok disantap bersama keluarga besar antara lain:

  • Ketupat

Hal yang paling sering dilakukan ketika mencapai hari raya lebaran adalah saling meminta maaf satu sama lain maupun menyantap makanan yang sudah disiapkan oleh tuan rumah. Seolah menjadi adat bagi orang muslim, setiap lebaran tiba, rumah harus dipenuhi oleh makanan lebaran.

Salah satu makanan yang hanya disajikan waktu lebaran tiba adalah ketupat. Dalam hal ini, ketupat menjadi makanan pokok bagi orang-orang muslim ketika hari raya Idul Fitri datang.

Dalam hal ini, kulit ketupat yang berasal dari daun kelapa itu cenderung dibentuk seminggu sebelum hari raya tiba. Sehingga ketupat sudah siap disantap oleh orang-orang saat malam takbir tiba.

Meskipun begitu, beberapa orang juga tidak ingin ribet saat membuat ketupat. Beberapa dari orang itu biasanya lebih suka membeli kulit ketupat di pedagang-pedagang yang ada di pinggir jalan supaya lebih praktis.

  • Opor ayam

Tentu saja tidak akan puas jika menyajikan ketupat saja tanpa ada lauk pendamping. Pada dasarnya ketupat sering disajikan bersama dengan opor ayam.

Opor ayam sendiri merupakan sebuah hidangan di hari raya yang berbenturan kuau bersantan. Biasanya kuah dari makanan yang satu ini disajikan dengan kuah yang berwarna putih maupun kuning.

Biasanya untuk menyajikan opor ayam, orang-orang juga akan turut memberikan toping tambahan berupa taburan bawang goreng. Entah itu diberikan sesudah dicampuri oleh ketupat maupun ketika opor ayam masih ada di dalam mangkuk.

  • Rendang

Semua orang tahu bahwa rendang merupakan makanan asal Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat. Tentu saja tidak hanya masyarakat yang berasal dari Sumatera Barat saja yang bisa menikmati rendang saat hari raya tiba.

Akan tetapi, seluruh masyarakat Indonesia juga sudah mendapatkan rendang sebagai makanan utama saat lebaran tiba. Pada dasarnya rendang cenderung dibuat menggunakan daging sapi.

Akan tetapi, saat ini beberapa orang sudah mulai melakukan modifikasi dengan menggantikannya daging sapi menggunakan daging ayam dan dibumbui menggunakan bumbu rendang.

  • Sayur labu siam

Perlu diketahui bahwa salah satu ciri-ciri sayur labu siam adalah mempunyai warna kuah yang sedikit kemerahan. Dalam hal ini, isian yang ada pada sayur labu siam berupa irisan dari labu siam itu sendiri, tempe dan juga telur.

  • Sambal goreng ati

Olahan sambal goreng ati merupakan sebuah olahan yang dibuat memakai potongan ati dan juga ampela yang kemudian dimasak menggunakan santan. Untuk bumbu masakan ini sendiri terdiri dari cabai, bawang, lengkuas, dan terasi.

  • Lemang

Tidak hanya populer di negara Malaysia, lemang juga sangatlah terkenal di negara Indonesia. Perlu diketahui bahwa makanan untuk lebaran yang satu ini dibuat menggunakan beras ketan yang dicampur oleh santan.

  • Gulai kepala ikan

Gulai kepala ikan merupakan makanan yang biasanya disantap oleh masyarakat Sumatera Utara di kehidupan sehari-harinya. Meski begitu, makanan ini juga sering disajikan ketika hari raya bersama dengan aneka lauk lainnya.

Ketika lebaran tiba, hal yang paling dicari oleh orang-orang adalah makanannya. Itulah tadi makanan lebaran yang bisa Anda santap bersama dengan keluarga.

Related posts