Perlu Diketahui, Ini Spesifikasi Set Top Box Digital di Indonesia

  • Whatsapp
set top box

Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan digitalisasi penyiaran di Indonesia secara bertahap. Targetnya, siaran TV analog secara perlahan-lahan akan digantikan dengan TV digital.

Masa transisi tidak dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kominfo akan mulai melakukan migrasi di bulan Agustus 2021 di beberapa wilayah tertentu.

Tahap akhir migrasi tersebut diharapkan sudah selesai pada 2 Nopember 2022. Karenanya bagi Anda yang belum menyiapkan infrastruktur untuk menikmati TV digital di rumah, bisa mulai melakukan persiapan.

Masyarakat tidak perlu khawatir akan migrasi TV analog ke TV digital, karena migrasi tersebut mudah dilakukan, tidak perlu mengganti TV baru atau mengganti antenna baru, tetapi masyarakat perlu menambahkan penggunaan decorder atau Set Top Box (STB).

  • Apa Itu Set Top Box?

Set top box adalah decoder yang harus digunakan untuk mendapatkan siaran TV digital di Indonesia. Konten-konten yang diterima bersifat gratis seperti halnya siaran TV analog selama ini. Adapun penyedia konten atau siaran masih stasiun TV yang selama ini sudah beroperasi di Indonesia. Perusahaan-perusahaan tersebut memang diminta untuk beralih ke siaran digital oleh pemerintah.

  • Spesifikasi Set Top Box Digital di Indonesia

Geryantika Kurnia, Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI, Kementrian Kominfo, sebagaiman dirangkum dari situs resmi Kominfo, menyatakan bahwa Set Top Box  harus menggunakan tekhnologi Digital Video Broadcasting – Terrestrial Second Geeration atau DVB-T2. DVB-T2 adalah jenis sinyal digital yang mampu dibaca dan diterjemahkan oleh Set Top Box atau perangkat penerima TV digital DVB_T2.

“dikemasannya itu atau cari saja yang ada tulisan ‘Siap Digital’. Tanda ‘Siap Digital’. Paling mudah. Kalau sekarang ada juga tambahan gambar MODI. Bila ada tulisan  itu sudah pasti aman”, ujar Kurnia.

Hal ini berarti, jika Anda menemukan Set Top Box yang bertuliskan mendukung tekhnologi DVB-T2, maka perangkat tersebut pasti bisa digunakan untuk mengakses TV digital Indonesia. Jika Set Top Box tersebut sudah dilabeli dengan kalimat ‘Siap Digital’, itu artinya produk tersebut siap kamu gunakan untuk menangkap sinyal TV digital.